Guna mendorong dan memperkuat koordinasi dan kerja sama pelaksana tugas dan fungsi keimigrasian pada perwakilan RI, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi menggelar rapat koordinasi yang diselenggarakan di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Acara yang berlangsung pada 27-31 Mei 2024 itu mengusung tema “Optimalisasi Peran Dan Fungsi Atase Imigrasi Pada Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri Melalui Strategi Transformasi Digital”. Acara itu turut dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM RI – Yasonna H. Laoly; Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) – Abdullah Azwar Anas; Anggota Dewan Pertimbangan Presiden – Djan Faridz; Direktur Jenderal Imigrasi – Silmy Karim; serta Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri – Andy Rachmiante. Baca Juga: Sosialisasi Imigrasi di Magelang Bahas Percepatan Proses Visa dan Izin Tinggal WNA dengan Molina Rapat koordinasi ini menjadi wadah bagi Direktorat Jenderal Imigrasi dan Kementerian Luar Negeri untuk bersinergi dalam isu keimigrasian, isu kekonsuleran serta isu perlindungan WNI di luar negeri. Tiga isu vital dalam pemberian pelayanan publik, khususnya untuk memudahkan WNI di luar negeri mengakses pelayanan dan perlindungan yang mudah, cepat, dan aman melalui transformasi digital.

Optimalisasi layanan publik di perwakilan RI dilakukan tanpa mengabaikan prinsip kehati-hatian, khususnya dalam pemberian paspor. “Jadi [untuk penerbitan paspor di luar negeri] selain persyaratan formil, disyaratkan juga memiliki izin tinggal. Hal ini untuk mencegah agar WNI tidak tinggal di luar negeri secara ilegal,” jelas Silmy. Silmy juga menekankan jajaran Imigrasi untuk berani dalam memulai inovasi. “Kita memiliki semangat memperbaiki, karena tidak mungkin menunggu sempurna. Dan saat ini (imigrasi) sudah semakin baik. Mulai saja dulu dan terus lakukan perbaikan,” ujar Silmy disambut tepuk tangan hadirin.

Salah satu inovasi unggulan yang saat ini dimiliki imigrasi adalah platform evisa.imigrasi.go.id yang menawarkan seamless experience bagi WNA untuk mengajukan visa Indonesia.

Pengajuan visa bisa dilakukan di mana saja, didukung kemudahan pembayaran visa menggunakan credit card. Sebelumnya, pembayaran visa dilakukan secara manual melalui agen/penjamin. Layanan imigrasi melalui online ini menjadi layanan pemerintah pertama yang dapat menggunakan credit card. Tercatat sebanyak 1.346.893 transaksi telah dibukukan sejak aturan mengenai pembayaran online dengan kartu diberlakukan Januari 2023 lalu. “(Platform)e visa Ini sejalan dengan program SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). Sangat convenient dan bisa dilakukan di mana saja,” jelas Silmy Karim. Baca Juga: Operasi JAGRATARA Upaya Pengawasan Imigrasi Wonosobo di Wilayah Magelang Pada kesempatan tersebut, Dirjen Imigrasi juga menyampaikan usulan rencana penambahan sebanyak enam atase imigrasi di luar negeri. Penambahan diprioritaskan pada negara dengan jumlah perlintasan WNI terbanyak, baik untuk tujuan menetap ataupun kunjungan singkat. Kamboja menjadi salah satu negara yang dinilai mendesak untuk segera memiliki atase dan staf teknis imigrasi. Selain masih termasuk ke dalam wilayah ASEAN, diketahui setidaknya hampir 120.000 WNI yang tinggal dan bekerja di Kamboja. Senada dengan Silmy Karim, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly, memberikan dukungan kepada Ditjen Imigrasi untuk berani berinovasi dalam pemanfaatan teknologi digital. “Perbaikan harus dilakukan terus menerus, tapi kalau tidak mulai maka kita tidak tahu di mana harus memperbaiki. Kita harus memiliki keberanian untuk memulai terobosan,” ujar Yasonna.

Inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh Ditjen Imigrasi memperoleh apresiasi dari MenPAN RB, Abdullah Azwar Anas. Azwar memberikan dukungan dan dorongan kepada Ditjen Imigrasi agar digitalisasi dalam pelayanan publik tidak hanya terbatas pada aplikasi, melainkan juga leadership.***

Jakarta – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih Digital Government Award Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit tahun 2024. Kemenkumham menjadi yang terbaik dalam Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik untuk kategori Kementerian.
Penghargaan ini diterima Kemenkumham atas penerapan SPBE di Kemenkumham selama tahun 2023. Penghargaan tersebut diumumkan pada kegiatan SPBE Summit 2024 yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Senin (27/05/2024).
Ini menjadi kali kedua Kemenkumham mendapatkan penghargaan penerapan SPBE, setelah sebelumnya menerima penghargaan serupa pada SPBE Summit 2023.
Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto, mengatakan Kemenkumham telah menerapkan pelayanan publik berbasis digital untuk memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai pelayanan yang ada.
Ia menjelaskan, saat ini telah tersedia beragam pelayanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, mulai dari aplikasi paspor, pendaftaran dan pencatatan kekayaan intelektual, konsultasi hukum, pengaduan HAM, layanan administrasi hukum umum, hingga pelayanan pemasyarakatan.
“Masyarakat lebih mudah mengakses pelayanan di Kemenkumham. Pelayanan tidak lagi terbatas pada ruang kantor, tetapi bisa dimanfaatkan di mana saja masyarakat berada. Cukup dengan handphone dan akses internet,” ucap Andap.
Andap menjelaskan, setidaknya terdapat delapan aspek SPBE yang terus ditingkatkan oleh Kemenkumham, yaitu kualitas kebijakan internal, perencanaan strategis, sistem TIK, inovasi dan aplikasi, manajemen SPBE, audit TIK,  layanan publik elektronik, dan layanan administrasi pemerintahan elektronik.
Dari tahun ke tahun indeks SPBE Kemenkumham telah menunjukkan tren positif. Pada tahun 2019, indeks SPBE Kemenkumham berada di titik 3,18 dari nilai maksimal 5. Selanjutnya, pada tahun 2021 mengalami peningkatan di nilai 3,68. Dan terbaru pada GDA 2024 Kemenkumham mendapatkan indeks 4,21 dengan predikat “Memuaskan”. Kemenkumham bahkan mencatatkan nilai maksimum 5.00 poin pada aspek layanan publik berbasis elektronik dan layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik.
“Teknologi digital terus berkembang. Karena itu Kemenkumham juga terus memperbaiki berbagai aspek pelayanan digital agar masyarakat semakin nyaman dan percaya terhadap pelayanan Kemenkumham,” ucapnya.
Penyelenggaraan SPBE di Kemenkumham yang baik, lanjutnya, sangat ditentukan oleh komitmen pimpinan, khususnya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly, serta kolaborasi antar unit kerja. Andap berkomitmen mengawal SPBE Kemenkumham menjadi lebih berkualitas.
“Kesuksesan Kemenkumham meraih penghargaan DGA 2 (dua) tahun berturut-turut tidak lepas dari komitmen pimpinan, khususnya Menkumham, dan kolaborasi seluruh unit kerja untuk terus meningkatkan kepuasan layanan publik melalui optimalisasi penyelenggaraan SPBE sehingga layanan Kemenkumham menjadi lebih cepat, mudah diakses, dan lebih transparan,” ungkap Andap.
Untuk diketahui, DGA merupakan bentuk apresiasi yang diberikan oleh KemenPAN RB kepada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD) yang telah menyelenggarakan SPBE. Pada tahun 2024, DGA diberikan kepada 65 (enam puluh lima) dari 621 (enam ratus dua puluh satu) IPPD.
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto. (Foto: Ist).
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto. (Foto: Ist).

 

 

Tigaaksara.com – Pada peringatan Hari Raya Suci Waisak 2568 BE Tahun 2024 ini, sebanyak 79 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Jawa Tengah memperoleh Remisi Khusus.Remisi ini diberikan kepada narapidana penganut agama Budha. Dari jumlah tersebut, tidak ada WBP yang dapat langsung bebas.

 

 

Hal itu, sebagaimana disebutkan dalam Siaran Pers Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Rabu, 22 Mei 2024.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto mengatakan jika besaran remisi yang diberikan pada Hari Raya Waisak ini juga sama seperti Remisi Khusus lainnya, yaitu antara 15 hari sampai 2 bulan.

“Di hari istimewa ini, Remisi Khusus 15 hari diberikan kepada 3 orang, remisi sebanyak 1 bulan diberikan kepada 27 orang dan remisi sebanyak 1 bulan 15 hari kepada 26 orang. Untuk remisi 2 bulan diberikan kepada 23 WBP,” terang Kakanwil.

Menurutnya, pemberian remisi ini merupakan hak WBP yang tentunya telah menunjukkan perilaku baik dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

 

“Pemberian remisi khusus ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi WBP untuk menjadi lebih baik dan kembali ke masyarakat sebagai insan yang bermanfaat,” sambung Kakanwil.

Diketahui, dari jumlah 49 Lapas dan Rutan yang ada di Jawa Tengah, Lapas Kelas IIA Kembangkuning Nusakambangan menjadi penyumbang terbanyak WBP yang mendapatkan remisi.

 

 

Tercatat ada 19 orang WBP yang mendapatkan remisi di UPT ini. Disusul Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan dengan jumlah 14 orang dan Lapas Kelas IIA Besi Nusakambangan sebanyak 14 orang.

Sementara, jika dilihat berdasarkan penggolongan pidana, sejumlah 74 orang merupakan WBP kasus narkotika dan 5 orang merupakan kasus pidana umum.

Pemberian remisi berdampak pada penghematan anggaran.

“Dengan diberikan remisi khusus kali ini, secara otomatis anggaran negara yang biasanya dikeluarkan untuk biaya makan WBP juga akan berkurang. Dari jumlah tersebut di atas, Remisi Khusus Hari Raya Waisak tahun 2024 menghemat anggaran sebesar Rp. 64.695.000,” ungkap Tejo Harwanto.

Sebagai informasi, pemberian remisi ini berdasarkan Undang-undang Pemasyarakatan Nomor 22 Tahun 2022.

Dimana berdasarkan aturan tersebut, semua narapidana yang telah memenuhi syarat berhak mendapatkan remisi.

Untuk diketahui, jumlah penghuni Lapas dan Rutan Se-Jawa Tengah pertanggal 12 Mei 2024 ini berjumlah 14.226 orang.

Sosialisasi Molina di Magelang, Upaya Percepat Proses Visa dan Izin Tinggal WNA

Kegiatan ini sebagai bentuk kelanjutan penyebaran informasi kepada masyarakat dari Direktorat Jenderal Imigrasi yang telah meluncurkan aplikasi terbaru bernama Modul Online Lalu Lintas WNA Molina untuk Layanan Visa dan Izin Tinggal.

 

“Kegiatan Sosialisasi Layanan Visa dan Izin Tinggal Melalui Modul Online Lalu Lintas WNA Molina ini sangat bermanfaat bagi perusahaan,perhotelan, Lembaga keagamaan, universitas dan intansi yang sering mendatangkan orang asing untuk keperluan di Indonesia, proses pengajuan Visa dan Perpanjangan Izin Tinggal menjadi lebih mudah dan efisien” Ujar Kasi Tikim Jerold saat membuka Sosialisasi.

 

 

Dijelaskan dalam sosialisasi bahwa aplikasi Molina adalah platform online baru milik Direktorat Jenderal Imigrasi untuk pengajuan Visa dan Izin Tinggal bagi WNA dan Penjamin atau sponsor. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Polres, Kodim, Kejaksaan, Pengadilan, Disnaker, Perusahaan, Perhotelan, Universitas, Lembaga keagamaan dan intansi yang sering mendatangkan orang asing yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Wonosobo.

Sosialisasi Molina ini merupakan wujud komitmen pelayanan prima dari Kantor Imigrasi Wonosobo dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Dengan adanya aplikasi Molina ini diharapkan pengajuan Visa dan Izin Tinggal bagi WNA menjadi lebih cepat, mudah dan efisien.

Stand Kemenkum HAM Jateng memperoleh juara II dalam event Dekranasda Expo yang digelar di Kota Surakarta. (Foto : mahaka putra/sigijateng.id)

 

SURAKARTA (sigijateng.id) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah dinobatkan sebagai juara 2 stand terbaik kategori Kementerian/Lembaga dalam gelaran Dewan Kerajinan Nasional (DekranasExpo tahun 2024 yang digelar di Pamedan Mangkunegaran Surakarta.

 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Ibu Walikota Surakarta Selvi Ananda Gibran Rakabuming Raka pada saat acara penutupan, Sabtu malam, (18/05/2024).

 

Kakanwil Kemenkum HAM Jateng Tejo Harwanto yang diwakili Kabid Perizinan dan Informasi Keimigrasian Iman Syafrizal serta Kasubid Pelayanan Administrasi Hukum Umum (AHU) Widya Pratiwi Asmara mengaku bangga atas penghargaan tersebut.


 

Pasalnya kehadiran Kanwil Kemenkum HAM Jateng pada HUT Dekranas ke-44 itu mewakili Kemenkum HAM secara keseluruhan, di mana seluruh satuan kerja di Kanwil Jawa Tengah turut andil dalam mensukseskan jalannya Dekranas Expo.

 

“Kanwil Kemenkum HAM Jateng mewakili Kemenkum HAM RI turut ambil bagian di Dekranas  Expo agar masyarakat lebih mengenal tugas dan fungsi dari Kemenkum HAM,” kata Tejo Harwanto saat pembukaan Dekranas Expo pada, Kamis (16/5/2024), lalu.

 

Selama 4 hari keikutsertaannya dari tanggal 15-18 Mei, jajaran Kemenkum HAM Jateng menghadirkan layanan publik, berupa layanan pendaftaran kekayaan Ikintelektual, perseroan Plperorangan, appostile, pewarganegaraan, pemasyarakatan, konsultasi bantuan hukum dan HAM, layanan Paspor Simpatik dan layanan BHP Semarang.

 

Disebutkan, tak ketinggalan bermacam hasil pembinaan kemandirian di Lapas dan Rutan berupa kerajinan tangan warga binaan pemasyarakatan (WBP) disuguhkan pada event tersebut. Tujuannya agar hasil karya WBP semakin dikenal secara luas di kalangan masyarakat.

Direktur Jenderal (Dirjen Imigrasi), Silmy Karim memastikan pelaksanaan Makkah Route untuk pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) 2024 berlangsung lancar. /Imigrasi Wonosobo KABAR WONOSOBO – Direktur Jenderal (Dirjen Imigrasi), Silmy Karim memastikan pelaksanaan Makkah Route untuk pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) berlangsung lancar. Dalam pelepasan kloter pertama JCH yang berangkat dari Bandara Adi Soemarmo, Solo pada Minggu, 12 Mei 2024, Silmy hadir mengecek kesiapan petugas imigrasi dan pelaksanaan kerja sama Makkah Route. “Alhamdulillah sejauh ini (pelaksanaan) cukup lancar. Di Solo dan Surabaya tahun ini perdana untuk implementasi Makkah Route, jadi kami pastikan semua berjalan baik,” jelas Silmy Karim di Bandara Adi Soemarmo, Solo pada Minggu, 12 Mei 2024.

Di tahun 2024, sebanyak 114.186 Jemaah Calon Haji (JCH) dari bandara keberangkatan Soekarno Hatta –  Jakarta, Adi Soemarmo – Solo dan Juanda – Surabaya memperoleh kemudahan fasilitas pemeriksaan keimigrasian pra kedatangan dari otoritas imigrasi Kerajaan Arab Saudi (KSA) melalui skema Makkah Route. Baca Juga: Operasi JAGRATARA Upaya Pengawasan Imigrasi Wonosobo di Wilayah Magelang Jumlah tersebut meliputi 47% dari keseluruhan JCH asal Indonesia yang berjumlah 241.000 orang yang akan diberangkatkan dari 13 embarkasi. Di antaranya adalah Bandara Sultan Iskandar Muda – Aceh, Bandara Kuala Namu – Medan, Bandara Minangkabau – Padang, Bandara Hang Nadim – Batam, Bandara SM. Badaruddin – Palembang, Bandara Soekarno Hatta – Jakarta, Bandara Kertajati – Cirebon, Bandara Juanda – Surabaya, Bandara Sepinggan – Balikpapan, Bandara Syamsudin Noor – Banjarmasin, Bandara Zainuddin Abdul Madjid – Lombok serta Bandara Sultan Hasanudin – Makassar, Bandara Adi Sumarmo – Solo Surakarta. Makkah Route adalah pemindahan proses keimigrasian dari yang seharusnya dilakukan pada Bandara Kedatangan Jemaah Calon Haji (Jeddah dan Madinah) menjadi di Bandara Keberangkatan (Indonesia).

Jemaah Calon Haji yang mendapatkan layanan Makkah Route tidak perlu lagi mengantri untuk proses keimigrasian saat tiba di bandara kedatangan (Jeddah dan Madinah). Skema ini telah dimulai di Indonesia sejak tahun 2018 di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta. Tahun 2024 ini, Makkah Route diperluas hingga embarkasi Solo dan Surabaya dengan membagi keberangkatan jemaah menjadi dua gelombang. Gelombang I diberangkatkan dari Indonesia menuju Madinah pada periode 12 s.d. 23 Mei 2024 sedangkan Gelombang II diberangkatkan dari Indonesia menuju Jeddah pada periode 24 Mei hingga 10 Juni 2024. Baca Juga: Kantor Imigrasi Kawal Pelepasan Perjalanan Suci Jamaah Haji Wonosobo 2024 “Untuk tahun ini fasilitas clearance (imigrasi) pra kedatangan baru ada di keberangkatan. Kami sudah bicarakan (dengan otoritas imigrasi Arab Saudi) agar Makkah Route bisa resiprokal. Jadi nantinya petugas imigrasi Indonesia juga akan standby di Madinah atau Jeddah untuk clearance pra kepulangan,” jelas Silmy dalam kesempatan tersebut.

Lebih lanjut Silmy menjelaskan bahwa usulan perluasan implementasi Makkah Route pada embarkasi lainnya juga telah disampaikan pada otoritas imigrasi Arab Saudi dalam lawatannya ke KSA Februari 2024 lalu. “Kami masih upayakan agar skema tersebut bisa berlaku di lebih banyak bandara keberangkatan. Karena Indonesia salah satu negara dengan JCH yang terbanyak. Hal ini menjadi perhatian kami, bagaimana caranya agar para tamu Allah ini bisa kita mudahkan (prosesnya) saat berangkat dan pulang,” tutup Silmy.***

Pengawasan orang asing kantor Inigrasi Wonosobo. (Dok. Ist)
Pengawasan orang asing kantor Inigrasi Wonosobo. (Dok. Ist)

WonosoboZone – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo berhasil menggelar pengawasan orang asing secara serentak dengan kendali pusat dalam Operasi “JAGRATARA” pada tanggal 2-3 Mei 2024.

Operasi “JAGRATARA” ini digelar Kantor Imigrasi Wonosobo di PT. Anugerah Abadi dan PT. Tatalestari Rimbabuana yang berada di Kabupaten Magelang.

Dalam rapat koordinasi yang digelar secara serentak pada Kamis 2 Mei 2024 secara virtual Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian menegaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk mencegah pelanggaran keimigrasian dan menegakkan hukum guna menjaga stabilitas dan keamanan negara.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo, K. A. Halim, saat ditemui awak media mengungkapkan maksud dan tujuan operasi ini digelar.

“Kegiatan ini merupakan langkah proaktif kami untuk memastikan bahwa kehadiran orang asing di wilayah kami sesuai dengan ketentuan yang berlaku.” ujarnya.

Tim Inteldakim Kantor Imigrasi Wonosobo berhasil melakukan pemeriksaan kepada 5 (lima) orang TKA di PT. Anugerah Abadi Magelang dan 1 (satu) orang TKA di PT. Tatalestari Rimbabuana pada hari Jumat, (03/05).

Meskipun tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian, perusahaan-perusahaan tersebut diminta untuk melaporkan kehadiran tenaga kerja asing yang baru.

“Operasi ‘JAGRATARA’ ini bukti komitmen kami dalam mengawasi dan menjamin keamanan wilayah kami,” tambah Halim.

Melalui operasi ini, Kantor Imigrasi Wonosobo berharap dapat menciptakan lingkungan yang aman dan terkendali, serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan keimigrasian.

“Kami akan terus melakukan langkah-langkah preventif untuk menjaga integritas wilayah kami,” tutup Halim.***

Kegiatan Senam Zumba ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan pegawai pada Kanim Wonosobo